PERBEDAAN FUSHAH DAN AMIAH DALAM BAHASA ARAB(الاختلاف بين الفصحة و العامية في اللغة العربية)

4:26 PM ITHLA Indonesia 8 Comments

By:Fariz Mirza Abdillah
Sejarah Munculnya Bahasa Arab.
Bahasa Arab adalah bahasa kitab suci orang muslim, yaitu Al  Qur’an. Bahasa yang digunakan untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT.Terdapat banyak pendapat tentang sejarah permulaan munculnya bahasa Arab, dan pendapat yang paling klasik menyebutkan; bahwa bahasa Arab telah ada pada masa Nabi Adam AS, pendapat ini mengacu pada Firman Allah SWT dalam Al Qur’an dan merupakan interpretasi secara langsung dari Al Qur’an surah Al Baqarah ayat 31, “و علّم آدم الأسماء كلها” yang artinya: “Allah telah mengajari Adam pengetahuan tentang segala nama”. Dari dalil ini, mereka yang berpendapat bahwa nama-nama benda dan berbagai macam hal atau sifat di dunia ini telah diajarkan oleh Allah kepada Adam dalam bahasa Arab. Akan tetapi sejarah munculnya bahasa Arab yang di atas masih belum bisa dipastikan karena banyak sumber-sumber yang berpendapat lain hal dengan yang disebutkan.
Dan bahasa Arab memiliki dua jenis, yang mempunyai banyak perbedaan dalam “النطق” (pengucapan), yaitu Fushah (formal) dan amiah (informal). Sebelum kita berbicara tentang perbedaan antara bahasa Arab Fushah dan Amiah, kita harus mengetahui terlebih dahulu masing-masing dari keduanya.
Bahasa Arab Fushah.
Bahasa Arab Fushah yaitu; Sering disebut bahasa Al Qur’an, ((اللغة التراث العربي     atau bahasa yang sering dipergunakan diforum formal, bahasa buku, syi’ir dan nasr dan juga dipakai pada produk-produk, ilmu pengetahuan dan hasil-hasil pemikiran. Bahasa Arab Fushah yaitu bahasa pemersatu dan bahasa yang dapat menyelesaikan perselisihan antara bangsa-bangsa Arab. Karena dengan bahasa Arab Fushah, orang-orang dapat memahami dan berkomunikasi dengan lancar asalkan bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab Fushah yang sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu nahwu, sorf dan balagoh. Bahasa Arab Fushah ini digambarkan sebagai bahasa Arab yang digunakan terhadap masyarakat pada zaman Rasulullah SAW. Bahasa Arab Fushah ini adalah media pokok komunikasi yang digunakan dalam bentuk buku-buku, majalah, surat menyurat dan surat pribadi, dokumen pemerintahan dan digunakan juga pada media televisi, radio, dan pidato-pidato serta konferensi-konferensi dan seminar-seminar ilmiah bahkan menjadi bahasa pengantar disebagian unversitas-universitas didunia. Dan bahasa Arab Fushah ini yang menjadi  “اللغة العالمية” (bahasa internasional) yang diresmikan pada 18 Desember 1982 oleh ; Organisasi Pendidikan,Keilmuan, dan Kebudayaan, yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai UNESCO (United Nation Education,Scientific and Cultural Organization) dan menetapkan tanggal tersebut sebagai hari bahasa Arab sedunia. Maka dari itu bahasa standar inilah bahasa yang digunakan dinegara-negara Arab dan bermayoritas muslim didunia.    
Bahasa Arab Amiah
Sedangkan bahasa Arab Amiah adalah; bahasa yang sering digunakan dalam aktivitas sehari hari yang berbentuk nonformal. Didalam bahasa Amiah itu sendiri ada beberapa istilah lain, salah satunya yaitu; (اللغة الأزدواجية)  yang berarti paralelisme bahasa atau dikenal “lebillinguisme” yaitu adanya dua bahasa yang berbeda dalam individu atau masyarakat dalam waktu yang bersamaan. Setiap negara negara Arab memiliki bahasa amiah yang berbeda-beda dari “النطق” (pengucapan) dan "الهجة" (logat). Bahasa Arab Amiyah tidak dapat lepas dari bahasa Arab Fushah (resmi). Akan tetapi bahasa Arab Amiyah tidak sepenuhnya sesuai dengan kaidah atau tata bahasa arab yang resmi (fushah). kegunaan bahasa arab amiyah itu sendiri sebagai penunjang dalam pembelajaran bahasa arab. 
Perbedaan bahasa Arab Fushah dan Amiah.
Perbedaan antara Fushah dan Amiah yaitu terdapat pada kaidah-kaidah nahwu dan Sorf, bahasa Arab Fushah sangat memperhatikan pada kaidah kaidah nahwu dan sorf, sedangkan bahasa Arab Amiah tidak memperhatikan pada hal tersebut. Maka dari itu penggunaan bahasa Arab Fushah dan Amiah digunakan diforum yang juga berbeda. Yaitu Bahasa Arab Fushah digunakan pada forum-forum dan media-media yang bersifat formal. Dan sebaliknya, bahasa Arab Amiah sering digunakan dalam aktivitas dan komunikasi sehari-hari yang bersifat nonformal.
Banyak perbedaan diantara bahasa Arab Fushah dan Arab Amiah entah itu dalam “النطق” (pengucapan) dan "الهجة" (logat) dan bahkan dalam “"اللغة  (bahasa) itu sendiri. Bahasa Arab Fushah mempunyai bentuk yang sama dinegara negara dunia. Sehingga, orang yang saling berbicara dengan berbahasa Arab Fushah akan memahami maksud dari yang disampaikan walaupun orang-orang tersebut mempunyai latar belakang yang berbeda.
Berbeda dengan bahasa Arab Amiah, Bahasa Arab Amiah mempunyai berbagai versi sesuai dengan “المنطقة“ (daerah) seperti negara Arab dan Mesir mempunyai bahasa Arab Amiah yang berbeda diantara keduanya dan begitu pula terhadap bahasa Amiah Mesir dan Jordan. Sebagai contoh;

 
NO
Arti
Bhs Pasar Saudi
Bhs Pasar Mesir
Bhs Arab Fushah
1
Selamat Pagi
صَبَاحُ الْخَيْرِ
صَبَاحُ الْفُوْلِ
صَبَاحُ الْخَيْرِ
Shabaahul Khair
Shabaahul Fuul
Shabaahul Khair
2
Selamat tidur
تَصْبَحْ عَلَيْ الْخَيْرِ
تَصْبَحْ عَلَيْ الْخَيْرِ
تَصْبَحْ عَلَيْ الْخَيْرِ
Tesbah ‘ala kher
Tesbah ‘ala kher
Tasbahu ‘ala khair
3
Tidak Ada
مَافِيْ
مَفِيْشْ
غَيْرُمَوْجُوْدٍ
Maa fii
Mafiisy
Ghoiru Maujuudin

SEMOGA BERMANFAAT !!

You Might Also Like

8 comments: