Sukses Menyelenggarakan Kemah Bahasa Arab

3:00 AM ITHLA Indonesia 1 Comments


Oleh : Nurkhozin
(Ketua DPW Jateng dan DIY ITHLA)



Silaturahim antar Universitas adalah merupakan hal yang penting bag setiap Mahasiswa pengurus HMJ/BEM guna terealisasi semua program yang sifatnya kerjasama atau hubungan bilateral antar Universitas.  Diantaranya yang menjadi kesuksesan acara yang berstandar Wilayah maupun Nasional adalah diawali dengan silaturahim ke kampus yang akan menjadi partner di acara tersebut. Alhasil semua berjalan sesuai harapan dimana pengurus DPW ini sebelum mengadakan acara Kemah Bahasa Arab, terlebih dahulu mengadakan silaturahim yang diadakan di IAIN Surakata.
Pada kesempatan ini, Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab Se-Indonesia Telah Sukses menyelenggarakan Kemah Bahasa Arab yang bertempat di UIN Walisongo Semarang pada tanggal 15-17 Mei 2015. Acara ini merupakan Program Kerja yang dimiliki oleh semua  DPW ITHLA mulai dari Sumatra sampai Sulawesi yaitu mengadakan acara sosialisasi ITHLA di wilayah masing-masing dan Kemah Bahasa Arab, namun Kedua hajat besar DPW ini sudah tercapai dilaksanakan oleh DPW III dengan lancar tanpa ada hambatan.
Acara ini dihadiri oleh 55 peserta terbaik yang menjadi delegasi dari  9 Universitas,   yaitu STAIN Pekalongan, IAIN Purwokerto, UNSIQ Wonosobo, IAIN Salatiga, UNNES, IAIN Surakarta, STAIMAFA Pati, UIN Walisongo dan UIN Jogjakarta, dan juga dihadiri oleh Ketua Umum DPP ITHLA A. Fakhri Azizi. Universitas diatas adalah universitas yang siap bersama-sama manabur benih-benih manfaat dalam kajian bahasa arab dan menjadi kekuatan ITHLA di Wilayah Jawa Tengah dan DIY.
Selain dari universitas yang menghadiri acara ini, ada juga dari kalangan dosen yang turut serta hadir, yaitu Dr. H. Darmuin, M.Ag, (Dekan Tarbiyah) Dr. H. Fatah Syukur, MAg. (Wakil Dekan III) Acara ini memiliki beberapa ragam kegiatan, diantaranya adalah acara seminar kebahasaan yang disampaikan oleh  Dr. H. Ahmad Ismail, M.A, M.Hum (Kajur PBA), Ahmad Mahfurin, M.Ag. dan juga oleh Native Speaker oleh Syeikh Muhammad ali Rifa’i al-Misri   
Dengan mengangkat tema “Membangun Kembali Bahasa Arab Sebagai Media Pemersatu Ukhuwah Islamiyahdi Indonesia”. Diharapakan akan lebih dari pada acara ini melainkan sebagai media partner di setiap acara-acara kebahasaan khususnya diwilayah Jateng dan DIY, karena dengan terbangunnya jalinan mahasiswa bahara arab menjadi ukhuwah yang selalu dinilai positif oleh semua kalangan baik Mahasiswa, Dosen, maupun media. menurut Nurkhozin (Ketua DPW), bahwa Bahasa Arab bukan hanya bahasa sebagai komunikasi semata melainkan jembatan menaklukan dunia dan akhirat.
Ucapan Terimakasih kepada Para Tamu Agung Kemah Bahasa Arab  ITHLA Wilayah III yang sudah hadir dan menjadi bagian keluarga ITHLA dan Segenap Panitia Penyelenggara dan Para Pengurus DPW yang sudah bekerja keras untuk mensukseskan acara ini. Pemohonan maaf dihaturkan kepada semua karena kekurangan yang bisa diterima  adalah sebagai bukti bahwa kesempurnaan hanyalah milik Yang Maha Kuasa. Semoga Manfaat dan Berkah. Sampai jumpa diacara selanjutnya.



You Might Also Like

1 comment: